Jumat, 24 Oktober 2008

Tips bagi penderita


Perhatian ! untuk kefir bening dan Kombucha Tea tambahkan air dan gula agar tidak terlalu asam

Alergi ikan laut
Minum 100ml sehabis makan makanan yang mengandung udang, ikan atau hasil laut akan melarutkan toxin pemicu alergi, sehingga gatal-gatal, kulit memerah dapat terhindarkan.

Asma Berat :
Asma biasanya kambuh saat jam 3 dan 4 pagi.
Setiap habis makan (Dewasa) minum 100 ml atau lebih kefir susu, disarankan bagi penderita sebelumnya minum air putih secukupnya, kemudian baru meminum Kefir susu agar partikel kefir tetap tinggal di saluran mulut dan pernafasan. Keasaman dan bakteri kefir akan menjaga tonsil, mulut dan saluran pernafasan terhindar dari gatal dan menghambat penumpukan lendir. Agar tidur lebih pulas dan tidak sesak napas, saat menjelang tidur minum Kefir Teh/Kombucha 100 ml + 100 ml air putih. Bagi anak-anak cukup 1/2 dari porsi dewasa (50 ml). Jika tengah malam batuk-batuk, minum air putih secukupnya dan minum 2 sendok makan kefir susu yang sangat asam. Kefir susu yang sangat asam dapat diperoleh dengan menyimpannya diluar kulkas selama beberapa hari dalam keadaan tertutup. Kombinasi Kombucha dan susu diperlukan penderita asma karena Kefir susu mencegah gatal-gatal tenggorokan, sedangkan Kombucha mencegah penumpukan lendir agar tidak sesak napas. Fungsi Kombucha dapat digantikan oleh Kefir bening walaupun tidak se_efektif Kombucha.

Buang Air Besar ( BAB )
Minum min:100 ml Kefir setiap hari sebelum/sesudah makan pagi.
Mereka yang meminum Kefir biasanya lancar BAB, dan feces tidak berbau.
Hal ini dikarenakan adanya beragam jenis asam serta kandungan bakteri pengurai makanan. Kombucha Tea/Kefir Teh dikenal juga sebagai Kaisar BAB, karena melancarkan pencernaan.

Batuk Pilek Radang dan Alergi bagi anak-anak.
Minum 50ml sehabis makan makanan gorengan dan bervetsin.
Berikan kefir segera saat anak-anak terindikasi Flu (bersin-bersin) atau setelah makan gorengan, chiki dan lainnnya yang memicu radang tonsil. Setelah minum Kefir biarkan beberapa saat sekitar 10 menit agar bakteri bersahabat mendominasi mulut dan saluran makanan. Terkadang dengan dosis cukup dan rutin 3 kali sehari dapat menghalau batuk pilek tanpa antibiotik. Jika tengah malam tonsil memerah karena radang, pemberian 1 sendok makan Kefir yang asam akan menghilangkan rasa gatalnya.

Diabetes
Minum min:100 ml Kefir setiap habis konsumsi makanan bergula.
Sifat dari bakteri Kefir adalah pemakan gula, oleh karena itu penambahan jumlah bakteri Kefir dalam pencernaan akan secara efektif mengurai kadar gula di pencernaan sebelum diserap usus, menjadi senyawa asam laktat yang baik bagi kesehatan.
Simulasi ini dapat dibuktikan dengan penambahan gula di segelas Kefir tertutup dan biarkan selama beberapa hari, buktikan rasa manis akan berubah menjadi bertambah asam.

Darah , tekanan tinggi atau rendah.
Minum min:100 ml Kefir setiap habis makan.
Uji klinis yang dilakukan Sawada dkk (1990) membuktikan bakteri L.casei dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan rendah ke posisi normal. Ikatan Polisakharida dan glokopeptida larut air memberikan pengaruh nyata.

Kolesterol
Minum min:100 ml Kefir setiap habis konsumsi makanan berkolesterol.
Jenis bakteri asam laktat Kefir mampu mengikat kolesterol dalam usus halus sebelum diserap oleh tubuh. Berbeda dengan anggapan umum, susu yang telah difermentasi justru menurunkan kadar kolesterol. Di Eropa Kefir menjadi minuman wajib setelah menyantap Steak. (Penelitian oleh Van De Meer 1993).

Kista dan problem wanita.
Minum min:100 ml Kefir setiap habis makan.
Kista dan mium adalah jenis mutasi sel yang terus menerus membelah dan memperbanyak diri.Peneliti America, Dole dan Petro (1981) menyatakan sepertiga kanker diderita manusia karena pola konsumsi makanan. Kefir bersifat Anti mutagen dan jamur, sehingga secara perlahan akan menghentikan pemicu perubahan sel.

Maag
Minum min:100 ml Kefir setiap hari sebelum/sesudah makan pagi.
Mereka yang terbiasa minum kefir, lebih tahan lapar dan tidak merasakan gejala maag.
Jika sedang sakit maag, minum kefir setelah makan akan membantu pencernaan.
Semula sakit maag atau tukak lambung (salah kaprah ) disebabkan dengan makanan pedas, asam dan stress. Sampai akhir 1982 Dr.Barry Marshalll seorang dokter gastroenterolog dari Perth-Australia menemukan bakteri penyebabnya yaitu bakteri H.Pylori, bakteri ini berbentuk spiral dan bisa berenang hidup dilapisan lambung dan usus 12 jari . Bakteri bisa juga bersembunyi di karang karang gigi dan menulat saat berciuman. Sampai saat ini para peneliti belum menemukan vaksinnya. H.pylori dikategorikan WHO grade I carsinogen penyebab kanker lambung. Bakteri probiotik Lactobaccillus gasseri secara nyata menekan infeksi H.pylori. Therapi ini jauh lebih efektif ketimbang antibiotik dan penggunaan antacid.

Rematik, nyeri sendi
Minum min:100 ml Kefir setiap habis makan.
Adanya Tiamin, Riboflavin dan Vit.B12 yang terkandung dalam Kefir ,berperan melancarkan peredaran darah, mencegah peradangan sendi , rematik, dan meningkatkan stamina.

Tidur nyenyak
Minum min:100ml kefir susu setelah makan malam akan membantu tidur nyenyak,
apalagi jika ditambahkan 100 ml kefir bening dan air putih menjelang tidur maka akan lebih pulas, dan segar saat bangun pagi.

Wanita hamil.
Minum min:100 ml Kefir setiap habis makan.
Kefir mengandung asam folat yang tinggi untuk menghambat adanya kelainan sel. Rutinitas meminum Kefir sebaiknya diawali sebelum rencana kehamilan, sehingga kualitas sperma dan telur akan sempurna. Saat kehamilan zat-zat senyawa kefir sangat berguna bagi si Ibu dan janin. Sang ibu akan terhindar dari gangguan batuk pilek sehingga janinpun akan terbebas dari pengaruh obat influenza dan antibiotik.


Search Engine Submission - AddMe

2 komentar:

Arsenius mengatakan...

Halo, salam kenal.

Informasi tentang Kefirnya Mantap! :D

Boleh tukeran link?

Saat ini saya sedang mengembangkan blog yang khusus membahas tentang Kombucha. Mungkin dari artikel yang ada kita bisa saling menambah ilmu.

Anda bisa melihatnya disini:
http://indokombucha.wordpress.com

Ditunggu kedatangan dan komentarnya.
Thank :D

Unknown mengatakan...

Penjelasannya sangat bermanfaat